Program CSR ( Corporate Social Responsibility) INDOSAT “Indosat Peduli”

Indosat Peduli

 

Merupakan program Indosat dalam memberikan bantuan tanggap darurat bagi korban bencana dan juga kegiatan pembinaan komunitas di daerah yang rawan bencana.

Penanganan dan Pemulihan Pasca Bencana

Kegiatan cepat tanggap Indosat dalam membantu masyarakat sebagai bagian dari program CSR Indosat. Di bawah payung Indosat Peduli, perusahaan berupaya memberikan bantuan sosial, pendidikan dan kesehatan yang bersifat philanthropy kepada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan yang diperuntukkan membantu masyarakat di wilayah bencana ini, telah dilaksanakan sejak dahulu antara lain dalam bentuk bantuan makanan, pakaian dan kebutuhan primer lainnya, layanan kesehatan, dan juga dukungan telekomunikasi gratis bagi para korban.

Dalam pelaksanaan tanggap bencana, Indosat sudah memiliki “team task force” penanganan pasca terjadi bencana, dimana team ini bertugas untuk memulihkan asset perusahaan, meliputi karyawan dan infrastruktur perusahaan, serta membantu masyarakat yang berada dekat dengan infrastruktur perusahaan.

Salah satunya adalah dengan menerjunkan Mobil Klinik Sehat Keliling dan Tim SAR Indosat ke wilayah terjadinya bencana, sesaat setelah terjadinya bencana.  Layanan tersebut diturunkan sebagai bagian dari kepedulian perusahaan kepada masyarakat yang terkena bencana.  Sebagai contohnya adalah saat terjadinya gempa yang terjadi di Sumatera Barat, guna menolong para korban gempa, Indosat menurunkan 3 (tiga) mobil klinik langsung ke wilayah terjadinya gempa, yakni 2 unit di kota Padang dan 1 unit di kota Pariaman, yang dilanjutkan dengan dengan mendirikan Posko kesehatan yang bertempat di Korong Gadang, dekat Polsek Kuranji, Padang dan di Jalan Pasir Kota, Pariaman, untuk memberikan bantuan kesehatan dan pengobatan bagi para korban yang terluka. Indosat juga langsung mendirikan Posko Indosat Peduli yang meliputi layanan telepon gratis bagi para korban untuk dapat melakukan panggilan keluar menghubungi sanak saudara untuk mengabarkan keadaan mereka dan tersedia juga pertolongan medis bagi para korban. Posko Indosat Peduli ini berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman No 68, Padang (Kantor Indosat cabang Padang), serta 4 posko telepon gratis di beberapa lokasi lainnya.  Sedangkan anak perusahaan Indosat, IM2,  juga akan menyiapkan media center dan bantuan backbone untuk  fasilitas komunikasi tanggap darurat gempa Sumatra Barat yaitu berupa 1 unit mobil Vsat, 1 set terminal Vsat Ku-band, AP dan perangkat support lainnya untuk membantu koordinasi di lapangan.

”Atas nama manajemen dan karyawan kami menyampaikan keprihatinan dan duka mendalam kepada masyarakat yang menjadi korban gempa ini. Semoga berbagai bentuk kepedulian yang telah kami berikan dapat turut membantu meringankan beban para korban serta mendukung upaya pemulihan paska gempa sehingga kondisi kehidupan masyakarat dapat segara pulih dan normal kembali,” demikian disampaikan President Director & CEO Indosat Harry Sasongko.
Bantuan  senilai lebih  dari Rp 2 Milyar  tersebut terdiri dari bantuan uang tunai senilai Rp 500 juta yang diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Barat, bantuan senilai Rp 400 juta berupa barang-barang sesuai kebutuhan di lokasi bencana diserahkan dan disalurkan melalui Satkorlak Sumatera Barat, bantuan berupa 200 unit StarOne dengan pulsa bagi para relawan, Pemerintah Daerah dan Rumah Sakit, fasilitas kesehatan cuma-cuma melalui Mobil Klinik Keliling Indosat, posko telekomunikasi yang menyediakan fasilitas telekomunikasi gratis di 5 posko/titik, serta program layanan bagi pelanggan IM3 dan Mentari berupa perpanjangan masa aktif, bonus 60 SMS dan 60 menit percakapan.

Sementara itu Indosat juga mengajak para pelanggannya untuk turut berpartisipasi memberikan kepedulian kepada para korban gempa melalui SMS Donasi peduli bencana Tasikmalaya dan  Sumatera Barat.  Jumlah donasi yang terkumpul untuk program ini adalah Rp 21.802.365,- (untuk gempa di Tasikmalaya) dan Rp 995.300.460,- (untuk gempa di Padang) dan keseluruhan donasi tersebut sudah dialokasikan kepada Komunitas Postel untuk pembangunan dan perbaikan sarana serta prasarana pendidikan di kedua wilayah tersebut.

http://www.indosat.com/Corporate_Responsibility/Corporate_Social_Responsibility_CSR/Indosat_Peduli

analisis :

Kegiatan cepat tanggap Indosat dalam membantu masyarakat sebagai bagian dari program CSR Indosat. Di bawah payung Indosat Peduli, perusahaan berupaya memberikan bantuan sosial, pendidikan dan kesehatan yang bersifat philanthropy kepada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan yang diperuntukkan membantu masyarakat di wilayah bencana ini, telah dilaksanakan sejak dahulu antara lain dalam bentuk bantuan makanan, pakaian dan kebutuhan primer lainnya, layanan kesehatan, dan juga dukungan telekomunikasi gratis bagi para korban. Dan juga dalam  pelaksanaan tanggap bencana, Indosat sudah memiliki “team task force” penanganan pasca terjadi bencana, dimana team ini bertugas untuk memulihkan asset perusahaan, meliputi karyawan dan infrastruktur perusahaan, serta membantu masyarakat yang berada dekat dengan infrastruktur perusahaan. Hal ini merupakan tanggung jawab perusahaan guna mendukung segala aktivitas masyarakat di wilayah yang sedang terjadi bencana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s