bab 2 metodologi penelitian

II.I Objek penelitian

Adapun yang menjadi objek penelitian dalam penulisan ini adalah Sebagian besar proyek properti masih berada di wilayah Jabodetabek. bank-bank syariah di provinsi NTT dan BMT-BMT yang tergabung dalam suatu kesatuan PUSKOPSYAH “BMT MITRA NUGRAHA” DIY yang terdiri dari 89 BMT anggota di Yogyakarta.

 

II.II Metode Pengambilan Data

Variabel : data di ambil dari 3 kelompok sektor

Data    : pengambilan data dilakukan secara primer melalui wawancara langsung 830 responden      dan   kuesioner.Cakupan kuesioner meliputi aspek-aspek yang menyangkut pembiayaan dan sumbernya termasuk proporsi pembiayaannya.

A.Jenis Penelitian dan Pendekatan

pengambilan data dengan data sekunder dan data primer yang dilakukan dengan    pendekatan metode empiris.Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan desain kualitatif.Contoh objek yang menjadi sasaran penelitian adalah risiko akad dalam pembiayaan murabahah secara konsep dan aplikasi pada BMT-BMT di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripti fanalitis untuk mengetahui landasan konseptual dan aplikatif risiko akad dalam murabahah pada BMT-BMT di Yogyakarta.

B. Teknik Pengumpulan Data

Dalam penelitian ini pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara.

C. Populasi dan Sampel

Dalam penelitian ini populasinya adalah BMT-BMT yang tergabung dalam suatu kesatuan PUSKOPSYAH “BMT MITRA NUGRAHA” DIY yang terdiri dari 89 BMT anggota. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive random sampling (pengambilan sampel secara acak dan dengan pertimbangan), yaitu dari 89 BMT yang ada diambil secara proporsional berdasarkan aset yang dikelola oleh masingmasing BMT. Aset dari setiap BMT dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu besar (asetnya lebih dari satu milyar rupiah ) terdapat 22 BMT ; sedang (asetnya antara 500juta sampai dengan satu milyar rupiah) terdapat 16 BMT ; dan kecil (asetnya kurang dari 500juta rupiah) terdapat 51 BMT.10 Dari ketiga kategori ini diambil sampel secara acak (masing-masing kategori satu sampel).untuk sector industri di lihat dari proyek property yang ada di daerah JABODETABEK.

II.III Variabel Penelitian

  • Variabel (Y) : Pembiayaan di berbagai sektor
  • Variabel (X): lokasi proyek pembiayaan(X1), rasioterhadap pendapatan(X2)

 

II.V Model Penelitian

  • Hipotesis

Ha = Tidak ada pengaruh signifikan dari ketiga sektor terhadap tingkat pembiayaan

Ho = ada pengaruh signifikan dari ketiga sektor terhadap tingkat pembiayaan

Alat analisis

Menggunakan pendekatan dengan metode analisis deskriftif yang memakai linier regresi berganda untuk variable lebih dari satu dengan lokasi proyek pembiayaan(X1), rasio terhadap pendapatan(X2) .Menggunakan tingkat signifikan sebesar 0.5% dengan rumus :

Y = a +b1X1 + b2X2

Keterangan :

Y = pembiayaan diberbagai sektor

a = Konstanta

b = Koefisien regresi

X1 = Lokasi proyek pembiayaan

X2 = Rasio terhadap pendapatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s