Bab.1 Pendahuluan

TEMA : PEMBIAYAAN

ANALISA KEGIATAN DI SEKTOR –SEKTOR TERTENTU YANG BERKAITAN DENGAN ASPEK PEMBIAYAAN

BAB I

PENDAHULUAN

I.I Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan ekonomi nasional. Meningkatnya aktivitas pembiayaan pada sektor tertentu dapat dijadikan petunjuk mulai membaiknya atau bangkitnya kembali kegiatan ekonomi.Contohnya industri properti dapat menjadi pendorong bagi kegiatan ekonomi karena meningkatnya kegiatan di bidang properti akan mendorong naiknya berbagai kegiatan di sektor-sektor lain yang terkait. Meningkatnya industri properti yang tidak terkendali sehingga jauh melampaui kebutuhan (over supply) dapat berdampak pada terganggunya perekonomian nasional. Gangguan tersebut khususnya bila terjadi penurunan harga di sektor properti secara drastis dengan terjadinya buble burst. Kondisi ini akan mempengaruhi kondisi keuangan perbankan melalui dua aspek yaitu terganggunya likuiditas dan nilai jaminan bank serta kinerja debitur di bidang properti. Dalam hal pangsa kredit properti perbankan cukup tinggi dipastikan akan terjadi vulnerabilitas secara langsung pada kondisi perbankan. Sementara itu kesulitan likuiditas dan penurunan nilai jaminan akan mengurangi kemampuan bank untuk mengatasi kredit macet yang akan timbul.

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak bulan Juli 1997 dan dirasakan dampaknya sampai sekarang, mendorong para penentu kebijakan dibidang ekonomi mengeluarkan kebijakan ekonomi untuk pemulihan ekonomi nasional.jika dilihat dari unsur agama, adanya  Fatwa Bunga Bank Haram dari MUI Tahun 2003 menyebabkan banyak bank yang menjalankan prinsip syariah. Berdasarkan data statistik perbankan syariah Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia pada awal tahun 2004, jual beli murabahah menunjukkan posisi lebih dari 50%. Menurut Choudury, dominannya pembiayaan murabahah terjadi karena pembiayaan ini cenderung memiliki risiko yang lebih kecil dan lebih mengamankan bagi shareholder. Pendapat yang dikemukakan Choudury di atas secara implisit menunjukkan bahwa walaupun pembiayaan murabahah begitu mendominasi praktek pembiayaan perbankan syariah, namun tetap ada risiko-risiko yang menyertainya. Adanya risiko pada pembiayaan murabahah inilah yang menimbulkan keingintahuan peneliti mengkaji lebih dalam tentang praktek pembiayaan murabahah yang selama ini begitu dominan pada perbankan syari’ah.

I.II Rumusan Masalah

Penelitian ini untuk mengetahui apakah setelah pasca krisis pembiayaan terhadap sektor industri properti mengalami perubahan atau tidak ?

Bagiamanakah pelaksanaan pembiayaan proyek dengan prinsip musyarakah pada Bank Syariah?

Penilitian ini untuk mengetahui bagaimana Apakah Risiko Akad dalam Pembiayaan Murabahah akan berpengaruh atau tidak?

I.III Tujuan Penelitian

1.  Mengetahui perilaku pembiayaan dari para pelaku di sektor properti (pengembang, konsumen dan perbankan)..

2. Menganalisa dan menjelaskan pelaksanaan pembiayaan proyek dengan prinsip musyarakah pada Bank Syariah.

3. Menganalisa dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya pelaksanaan pembiayaan proyek dengan prinsip musyarakah pada Bank Syariah

4.  Mengetahui risiko-risiko yang terkait dengan pembiayaan murabahah pada BMT di daerah tertentu.

I.IV Kerangka Pemikiran

Berdasarkan dukungan landasan teoritik yang diperoleh dari eksplorasi teori yang dijadikan rujukan konsepsional variabel penelitian, maka dapat disusun Kerangka Pemikiran sebagai berikut :

Kerangka Pemikiran yang tergambar di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Komponen-komponen Input Analisys mencakup pembiayaan pada sector, seperti sector industri dan sector perbankan.
  2. Dari input analisis yang demikian itu dilakukan Process Analysis dengan menggunakan Metode Analisis Kualitatif. Metode analisis kualitatif digunakan untuk mengukur perbandingan tingkat pembiayaan terhdap sector industri dan perbankan yang dipandang sebagai variable awal.resiko pembiayaan dapat  dipandang sebagai variable Konsekuensi dalam rangka pengujian Hipotesis.
  3. Outputs Analysis metode analisis data tersebut adalah pokok-pokok Kesimpulan dan Saran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s